Poker. Powered by Blogger.
RSS

harga cabai kembali melonjak naik

harga cabai kembali melonjak naik 

Cumapoker - Harga cabai rawit di lokasi pasar tradisional Kota Ambon, Maluku, memasuki minggu keempat Juli 2017 kembali melonjak mencapai Rp 90.000 per kilogram.
Pantauan di lokasi pasar Mardika dan Batu Merah maupun pasar Gotong royong, para pedagang mematok harga cabai rawit bervariasi mulai Rp 85.000 hingga Rp 90.000 per kilogram, atau naik dari sebelumnya Rp 60.000 per kilogram, sedangkan eceran Rp 8.000 per cupa (cupa, ukuran satu kaleng susu kental manis Cap Nona), sedangkan untuk cabai keriting panjang dipatok harga Rp 50.000 per kilogram, dan eceran Rp 5.000 per tumpuk kecil.
Harga cabai rawit yang mencapai Rp 90.000 per kilogram memang agak sedikit naik bila dibandingkan dengan beberapa hari yang lalu yang mencapai Rp 60.000 hingga Rp 65.000 per kilogram.
Para petani ini juga sudah terbiasa dengan harga mahal, sebab beberapa waktu lalu ada pengusaha dari luar daerah terutama asal Papua yang datang ke Ambon untuk membeli cabai guna memenuhi kebutuhan di daerahnya dengan menawarkan harga yang tinggi.
Abdullah juga mengakui sekarang ini stok cabai rawit maupun keriting cukup tersedia di mana-mana, tetapi arus pasokan dari petani mulai berkurang sehingga ikut memengaruhi harga di pasar. Apalagi barang kebutuhan pokok ini tidak bisa tersimpan lama, terutama saya dan teman-teman di pasar tidak memiliki lokasi simpanan yang memadai.
Melonjaknya harga cabai mempengaruhi harga bumbu masak lainnya seperti bawang merah yang oleh beberapa agen mensyaratkan harga bawang sedikit menurun ternyata para pedagang di pasar menaikkan harga seperti bawang merah di patok Rp 46.000 per kilogram atau naik dari sebelumnya Rp 45.000 per kilogram.
Sedangkan untuk bumbu masak yang lain seperti buah tomat juga bergerak naik dari Rp 20.000 menjadi Rp 26.000 per kilogram.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment