Poker. Powered by Blogger.
RSS

Cumapoker - Erdogan : Bersatunya Turki dan AS Bisa Menjadikan Raqqa Kuburan ISIS

Erdogan : Bersatunya Turki dan AS Bisa Menjadikan Raqqa Kuburan ISIS

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan Amerika Serikat (AS) bekerja sama dengan Turki dalam melawan kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Erdogan menyebut kedua negara akan menjadikan Raqqa, ibu kota ISIS di Suriah, menjadi 'kuburan' untuk militan ISIS.

"Amerika yang besar, koalisi dan Turki bisa saling bergabung dan menjadikan Raqqa sebagai kuburan untuk Daesh (nama Arab ISIS)," ucap Erdogan dalam rapat di Istanbul. "Mereka (ISIS) akan mencari tempat untuk bersembunyi," imbuhnya.

Komentar Erdogan ini dilontarkan menjelang pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih pada 16 Mei mendatang.

Selama ini Turki memandang Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) yang ada di Suriah sebagai kelompok teroris, yang terkait dengan Partai Pekerja Kurdi (PKK) yang dilarang di Turki karena mendalangi pemberontakan mematikan terhadap pemerintah Turki sejak 1984. Namun AS menjadikan YPG sebagai aset penting dalam pertempuran melawan ISIS di Suriah. 

"Kami memberitahu sahabat Amerika agar tidak mengikutsertakan kelompok teror bersama mereka," ucap Erdogan.

Bulan ini, Turki mengumumkan pihaknya telah menyelesaikan operasi 'Euphrates Shield' di Suriah bagian utara yang berlangsung selama enam bulan terakhir. Operasi itu dilakukan terhadap militan dan milisi Kurdi di Suriah. 

Otoritas Turki telah menyatakan niat untuk bergabung dengan koalisi pimpinan AS dalam membersihkan Raqqa dari ISIS. Namun ada satu syarat, yakni tanpa keterlibatan milisi Kurdi Suriah dalam koalisi itu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment