Poker. Powered by Blogger.
RSS

PATUNG PANCORAN YANG MENJADI VIRAL DI MEDSOS

PATUNG PANCORAN YANG MENJADI VIRAL DI MEDSOS


Dunia medsos Indonesia heboh dengan foto wajah Patung Pancoran, Patung karya Edhi Soenarsi ini memang menjadi Landmarnya Jakarta sekaligus menjadi daya jtarik wisatawan.

Patung pancoran merupakan karya monumental dari Empu Wdhi Soenarso. Patung tersebut dibuat Wdhi Soenarso pada tahun 1964.

Pembangunan patung tersebut digagas oleh Presiden Soekarno di akhir masa pemerintahan, Patung pancoran menjadi viral lagi setelah seorang fotografer bernama Rudy Sunandar berhasil mengabadikan penampakan wajah Patung pancoran terlihaht dari depan.

Dan Rudy mengunggahnya ke sosial media Foto Rudy ini pun menjadi viral terutama di instagram dan twitter banyak travel yang mengunggah foto tersebut dan terkesima karnea dari mereka baru mengetahui wajah asli  dari patung tersebut.

Nama asli dari Tugu Pancoran ini adalah Patung Dirgantara. Namun karena letaknya berada di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, maka orang-orang lebih mengenalnya sebagai Patung Pancoran.

Inspirasi dari patung setinggi 11 meter dan berat 11 ton ini konon berasal dari Kosmonot Yuri Gagarin. Yuri Gagarin adalah astronot pertama dari Rusia yang berhasil ke luar angkasa.

Ada filosofi tersendiri jika melihat bentuk dari Patung Pancoran. Tangan patung yang seperti hendak terbang ke atas langit memiliki makna agar anak-anak muda memiliki cita-cita setinggi langit dan berusaha keras untuk menggapainya.

Namun sempat beredar beberapa mitos di masyarakat bahwa arah tangan Patung Pancoran sebenarnya menunjuk pada lokasi harta karun yang disimpan oleh Presiden Soekarno. 
Sementara cerita lainnya, patung ini menunjuk ke arah Rusia sebagai kiblat politik Soekarno. Namun mitos-mitos tersebut sampai sekarang belum terbukti kebenarannya.

Selain Patung Pancoran, sebenarnya ada banyak karya monumental lain dari seniman Empu Edhi Soenarso yang tak kalah keren. 

Seperti misalnya, Monumen Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia sampai Patung Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng.

Traveler pun bisa menjadikan landmark-landmark keren karya Empu Edhi Soenarso ini sebagai destinasi wisata. Kamu bisa foto-foto dengan patung ini, tentunya dari jarak yang cukup aman, mengingat lalu lintas di sekitarnya yang cukup padat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment