Poker. Powered by Blogger.
RSS

Cumapoker - Ini Penyebab Kekalahan Ahok-Djarot Menurut Konsultan Anies-Sandiaga

Ini Penyebab Kekalahan Ahok-Djarot Menurut Konsultan Anies-Sandiaga


Hasil real count KPU DKI jakarta menunjukan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mengungguli pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Padahal, hasil berbagai survei beberapa hari sebelumnya pemilihan menyatakan pemenang pilkada ini adalah Ahok-Djarot.

Lalu apa penyebab Kekalahan pasangan Ahok-Djarot dalan pilkada ini?.

Direktur Polmark Indonesia, Eep saefulah, mengungkapkan, ada lima faktor penyebab kekalahan pasangan nomor urut dua itu di Pilkada DKI Jakarta. Salah satunya adalah pemilih Ahok-Djarot yang terkarantina.

Terkarantina yang dimaksud Eep adalah jumlah pemilih Ahok-Djarot yang tidak meningkat di putaran kedua, bahkan mengalami penurunan hampir 14 ribu pemilih. Padahal, pasangan petahana itu sudah berhasil merebut suara pemilih Agus-Sylvi.

"Ketika suara agregator tersebut berkurang, berarti ada pemilihnya pergi. Jadi itu yang dimaksud dengan terkarantina. Tidak membesar, tidak mengecil. Segitu-gitu saja, bahkan berkurang 14 ribuan pemilih," tutur Eep di Warung Daun, Cikini, Menteng Jakarta Pusat.

Selain itu, kedua, partisipasi pemilih di pilkada putaran kedua ini mengalami peningkatan 1 persen, yaitu dari angka 77 menjadi 78. Angka 1 persen pemilih ini berhasil direbut oleh pasangan Anies-Sandi.

"Kenapa kok suara Basuki-Djarot mengalami penurunan? Ternyata partisipasi di Basuki-Djarot itu justru turun, sedangkan partisipasi pasangan Anies-Sandi naik," jelas Eep.

Faktor ketiga, kata Eep, yaitu hujan sembako yang terjadi di akhir-akhir menjelang pilkada oleh salah satu kubu pasangan calon.

"Saya kok menduga secara kualitatif bahwa hujan sembako itu berfungsi secara negatif untuk pihak yang berkampanye. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, mereka yang membagikan sembako pada masa tenang itu berani menggunakan baju kampanye, bahkan ditemani partai," ujar Eep.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment