Poker. Powered by Blogger.
RSS

Cumapoker - BI Akhirnya Memangkas Suku Bunga Acuan Menjadi 45%

BI Akhirnya Memangkas Suku Bunga Acuan Menjadi 45%

 
Cumapoker – Agen Poker & Domino Terbesar & Terpercaya Se-Indonesia. Nikmati Bonus TO & Referral Terbesar. Minimal DP & WD IDR 15.000. 100% Fairplay No Admins No Bots. Add BBM kami : 2BE3DCA9

Bank Indonesia (BI) akhirnya memenuhi permintaan pasar. Secara tak teduga, BI memangkas suku bunga acuan 7-Day Reverse Repo Rate (7DRR). Dalam rapat dewan gubernur (RDG) BI yang digelar pada hari ini Selasa (22/8), BI menurunkan turun 25 basis poin (bps) menjadi 4,5%.

Seiring dengan penurunan bunga acuan, suku bunga fasilitas simpanan (deposit facility) dan fasilitas pinjaman (lending facility) juga turun 0,25 % menjadi masing-masing 3,75% dan 5,25%. Adapun kebijakan ini berlaku efektif mulai Rabu (23/8).

"Penurunan suku bunga acuan ini akan diikuti dengan penurunan suku bunga instrumen moneter lainnya," kata Gubernur BI Agus Martowardojo, Selasa (22/8).

Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo memaparkan, kebijakan tersebut diambil dengan empat alasan. Pertama, inflasi yang terkendali bahkan di bawah perkiraan sebelumnya. BI memprediksi inflasi bakal berada di level 4% tahun ini dan 3,5% tahun depan. “Inflasi yang lebih rendah dibanding dulu itu memberi ruang penurunan suku bunga,” kata dia.

Kedua, defisit transaksi berjalan (Current Account Deficit/CAD) yang terkendali. Dengan demikian, keseimbangan eksternal dan internal terjaga. Adapun transaksi berjalan menunjukkan aktivitas ekspor-impor barang dan jasa dari suatu negara. Jika nilainya defisit atau minus berarti negara tersebut mengimpor lebih banyak barang dan jasa daripada mengekspor.

Tahun ini, BI memperkirakan defisit transaksi berjalan berkisar 1,5-2% dan tahun depan 2-2,5%. “Ini lebih rendah dari batas aman current account deficit di Indonesia 3%,” ucap Perry.

Ketiga, kenaikan suku bunga acuan The Fed diperkirakan lebih kecil dan tertunda. Perry bilang, sebelumnya BI memperkirakan The Fed akan menaikkan suku bunga acuan dua kali lagi di tahun ini.

Tetapi sekarang diperkirakan hanya satu kali lagi di Desember sebesar 25 bps dengan probabilitas yang lebih rendah. "Sehingga ini menjaga interest rate diferensia," tambahnya.

Keempat, penurunan suku bunga acuan BI juga diharapkan dapat mendorong penyaluran kredit dan mendukung pertumbuhan ekonomi lebih lanjut. Tentunya lanjut Perry, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah dari sisi fiskal dan otoritas lainnya seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mendorong pertumbuhan kredit.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, dari sisi eksternal probabilitas kenaikan suku bunga acuan The Fed satu kali di akhir tahun hanya 33%. Selain itu, pengurangan neraca The Fed telah dikomunikasikan dengan cukup baik dan bahkan pasar telah memperhitungkan rencana itu.

Cumapoker – Agen Poker & Domino Terbesar & Terpercaya Se-Indonesia. Nikmati Bonus TO & Referral Terbesar. Minimal DP & WD IDR 15.000. 100% Fairplay No Admins No Bots. Add BBM kami : 2BE3DCA9

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment