Poker. Powered by Blogger.
RSS

BERITA TERKINI - KPK Jamin Barang Rampasan Koruptor Terawat dengan Baik

BERITA TERKINI - KPK Jamin Barang Rampasan Koruptor Terawat dengan Baik


BERITA TERKINI - KPK Jamin Barang Rampasan Koruptor Terawat dengan Baik

CumaPoker - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melelang barang rampasan dari sejumlah perkara korupsi melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III. KPK memastikan barang-barang yang dijual melalui lelang ini terawat dengan baik. 

Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Lelang Barang Rampasan KPK, Irene Putrie. Ia mengatakan, perawatan secara berkala selalu dilakukan agar nilai barang tetap terjaga. 

Seperti yang diketahui, barang-barang rampasan dari koruptor ini ada yang disita dari 2011, 2012, 2013, tapi kita rawat terus menerus agar nilainya bisa terjaga. Misalnya untuk kendaraan, kami pastikan mobilnya bisa jalan dan tidak mogok ketika diambil oleh pemenang lelang," ujar Irene di Gedung KPK, Jakarta, Jumat 24 November 2017. 

Selain selalu merawat barang-barang rampasan dari para koruptor, Irene juga memastikan pemenang lelang kendaraan bisa mendapatkan keringanan tunggakan pajak. 

BERITA TERKINI - KPK Jamin Barang Rampasan Koruptor Terawat dengan Baik


"Biasanya sesudah ada pemenang lelang kami akan bersurat ke Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) setempat untuk memberikan keringanan pajak, karena ini barang sitaan," imbuh Irene. 

Ada beberapa kendaraan yang dilelang tak memiliki BPKP atau STNK. Pembeli akan diberikan risalah lelang yang bisa dijadikan dasar membuat BPKP atau STNK baru.

Sejumlah kendaraan yang dilelang oleh KPK adalah dua unit Jeep Wrangler, satu unit mobil Mazda CX-5, satu unit mobil Toyota Camry, satu unit motor KTM, satu unit motor trail, satu unit mobil LEXUS, satu unit mobil Honda Jazz, dan satu unit mobil Mercedes Benz.

Selain kendaraan, KPK juga melelang sejumlah barang mewah lain seperti 12 lukisan, satu paket yang terdiri dari sembilan unit telepon genggam, satu buah telepon genggam Samsung, 20 perhiasan, delapan arloji, satu paket yang terdiri dari 16 ponsel, dan satu paket yang berisi dua buah laptop.

Sebanyak 37 barang berhasil terjual dalam lelang yang diadakan pada Jumat 24 November. KPK berhasil meraup dana sebesar Rp.3,58 miliar. Dana itu akan dimasukkan ke dalam kas negara.

Sementara 17 item barang yang belum terjual pada lelang itu akan didaftarkan pada lelang berikutnya. 

"Per 30 September ini KPK sudah melakukan asset recovery sekitar Rp.2 triliun. Khusus tahun ini sebesar Rp.300 miliar," kata Irene.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment