Poker. Powered by Blogger.
RSS

Manusia Saparuh Babi
Para ilmuwan di Amerika akhir-akhir ini berhasil membuat janin manusia separuh Babi dan Separuh manusia, sebuah capaian menggabungkan antara embrio chimera – makhluk yang memiliki sel dari dua spesies yang berbeda ini sungguh mengaggumkan.

Penemuan ini diharapkan bisa membantu penyelesaian satu permasalahan besar di bidang kesehatan, yaitu minimnya ketersediaan organ tubuh untuk mereka yang butuh transplantasi.
Hal seperti ini terjadi untuk pertama kalinya di dunia, yakni menggabungkan 2 spesies yang berbeda disatukan dalam satu makhluk.

Penelitian ini di pimpin oleh seorang ilmuwan dari Salk Institute for Biological Studies di La Jolla California, Juan Carlos Izpisua Belmonte.

Harapan dari penelitian ini di masa depan organ tubuh manusia seperti jantung, ginjal, hati atau pankreas bisa di tumbuhkan di dalam tubuh babi dan kerananya bisa di panen kapan saja disaat dibutuhkan.

Dalam ilmu kesehatan, ada dua cara untuk menciptakan chimera. Pertama dengan menanam organ tubuh seekor binatang ke dalam tubuh binatang lain. Cara ini lebih berisiko karena sistem kekebalan tubuh binatang penerima organ akan secara otomatis menolak organ yang ditanamkan.

Cara kedua, yang digelar oleh para ilmuwan dalam studi ini, adalah dengan intervensi sejak level embrio. Dalam prosedur ini, sel-sel seekor binatang di masukkan ke dalam embrio dari binatang lain, lalu membiarkan dua jenis sel bertumbuh bersama menjadi mahluk hibrida.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment